Wednesday, August 03, 2011

Hikmah Ramadhan Hari Ketiga

Assalamualaikum
Kembali ada hikmah kecil yang InsyaALLAH bisa dipetik dari puasa ini.

Sudah bukan rahasia lagi, semua muslim dan muslimah akan berlomba-lomba untuk meng-khatamkan bacaan Alqur'an nya di bulan suci ini, ada yang berniat khatam satu kali, ada yang dua kali, dan masih banyak lagi. Karena memang sungguh istimewa bulan ini semua kebaikan mendapat ganjaran yang berlipat ganda.

Mengenai membaca Al-qur'an

Allah telah menjamin bagi siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isi kandungannya tidak akan tersesat di dunia dan tidak celaka di akhirat, dengan firmanNya ”Maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. ” (QS: Thaha:123)

 

Sungguh sangat jelas terucap dari ayat diatas, mempelajari dan mengamalkan isi dan kandungan Alqur'an akan membawa keselamatan bagi kita. Maka memang sudah seharusnya  kita semua tak ada keraguan untuk mempelajari dan mengamalkannya.
Di bulan suci ini ada suatu kelebihan, yaitu dilipat gandakannya pahala membaca Alqur'an.

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, katanya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf. ” (HR. At-Tirmidzi, katanya: hadits hasan shahih)


 Nah, berapa huruf yang sudah kalian semua baca kemudian dikalikan dengan pahala yang dilipat gandakan oleh Allah jadinya akan seperti apa??? 

Biasanya di bulan suci ini, banyak kelompok-kelompok tadarus yang dibuat di masjid-masjid, tua muda semua berkumpul untuk membaca dan mermpelajari ayat-ayat al-qur'an. Walaupun tak ada larangan bagi kalian semua jika mengkaji ayat-ayat alqur'an sendiri dirumah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah seraya membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, kecuali turunlah ketenangan atas mereka, serta mereka diliputi rahmat, dikerumuni para malaikat dan disebut-sebut oleh Allah kepada para malaikat di hadapan-Nya. ” (HR. Muslim)

 

 

 Nah, diatas ada hadist yang InsyaALLAH shahih, yang mungkin bisa memberikan motivasi kepada saudara semua untuk berangkat tadarus bersama.

Tadarus terus, melingkar indah bersama saudara seiman satu langkah indah bersama menuju SurgaNya kelak, Amiiin Ya Robb

 Assalamualaikum

3 Ramadhan 1432 H

Related post



  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

1 comments:

Anonymous said...

Allah sungguh maha pemurah,,, apa sih yang nggak dikasih buat umatnya,, ustadz admin sungguh dikau pembawa kabar gembira,,, subhanalloh, semoga usaha ini takkan sia2 dan dakwah akan terus bergema di semesta ini,,, tetap istiqomah dan jazakumulloh khoiron katsir,,, Alloh lah yang kan membalasnya dengan pahala dan surga yang diidam2kan seluruh umat islam di alam ini ,,, :)

Post a Comment