Friday, July 05, 2013

Aku Dalam Penantianmu

  Oleh: Hanifah Hikmawati
Fajar menyingsing, burung-burung menatap tajam pada tikungan jalan. Ya, mereka menanti buih sejuk dari Ramadlan nan tenteram. Bertengger di atas daun kemuning kala dhuha menggema. Sayap-sayapnya mengelu-elukan kehadiran bulan suci itu. Matanya seolah menyala. Berbinar memenuhi relung sangkarnya. Entah waktu yang mana mereka menyenandungkan kerinduannya kepada sang Esa. Terbang tinggi menggelantung di awan. Menggapai ridla Illahi.
Lalu ketika adzan menggelegar saat matahari menyulutkan teriknya, pepohonan itu memberi keteduhan terhadap burung-burung yang selalu berkicau. Pepohonan itu merindukan senandung firman-Nya. Menanti kabar gembira kapankah ramadlan kembali tiba. Yang selalu membuat mereka hijau. Pepohonan itu memang rindu, sangat rindu akan bulan suci.
Syams memberikan sinarnya di balik bumi yang menatap matanya. Kemudian Qamr memberikan sorot sinar kepda bumi yang membelakanginya. Keduanya ialah ciptaan Malik. Keduanya selalu menantikan ramadlan.
Rerumputan yang bergoyang diseduh angin itu melambangkan ketajaman pilu yang 11 bulan menanti kehadiran bulan suci kembali. Bebatuan pun demikian. Menantikan diri mereka menjelma warna putih untuk mereka berganti pakaian di bulan ramadlan. Meneguhkan jiwa kepada ketentuan-Nya.
Sementara aku, selalu membuka jendela pagi hari, menikmati hilir mentari yang pelan tenggelam dalam mata. Aku selalu merasakannya dan akan selalu merindukannya.
Kusayangi selalu hari-hari pagi yang baik yang menyapa setelah sebelumnya gelap. Firman-firman-Nya selalu kujadikan mahkota untukku menerima segala cinta. Mungkin aku telah haus. Lalu, aku berdo’a kepada-Nya agar aku bertemu kepada bulan suci. Rasa haus ini hanya terobati dengan panjatan-panjatan kepada-Nya yang Maha Kuasa. Cinta-Nya takkan mungkin luruh, takkan lumpuh. Dialah yang menghidupkan kita, dan semoga kita berjumpa pada bulan suci di tahun 2013 ini.

Related post



  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 comments:

Post a Comment