Friday, July 20, 2012

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan, tak terasa tamu istimewa bagi seluruh umat islam telah tiba. Tamu itu tak lain dan tak bukan adalah Bulan Ramadhan, Bulan yang didalamnya penuh rahmat dan ampunan. Maka sudah sepantasnya kita menyambutnya dengan istimewa pula.

Sebagai umat muslim, kita harus bersyukur dengan dipertemukannya kembali dengan bulan ini. Karena ini tandanya Allah masih memberikan kepada kita Kesempatan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan di Bulan ramadhan ini. Maka Marilah kita tingkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita dalam rangka menyambut tamu istimewa ini.


Allah berfirman dalam QS Al Baqarah : 183, yang artinya : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa." Dalam bulan ramadhan ini kita sebagai umat muslim diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa demi mencapai ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Dan dalam satu riwayat Rasulla bersabda :
“Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan Ramadhan bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa didalamnya. Pada bulan itu dibukakan pintu-pintu surga serta ditutup pintu-pintu neraka….” (HR. Ahmad)

Dalam bulan ramadhan ini kita sebagai umat muslim diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa demi mencapai ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Dan dalam satu riwayat Rasulla bersabda :
“Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan Ramadhan bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa didalamnya. Pada bulan itu dibukakan pintu-pintu surga serta ditutup pintu-pintu neraka….” (HR. Ahmad)

Hal yang paling sulit dilakukan oleh dalam bulan ramadhan ini ialah menjaga keistiqamahan dalam beribadah. Biasanya Masjid – masjid hanya ramai jama’ahnya saat awal puasa. Akan tetapi, mulai dari pertengahan sampai menjelang lebaran, bukannya masjid yang ramai tapi Mall dan Pusat Perbelanjaan. Inilah potret umat islam di Indonesia saat ini. Maka dari itu salah satu hal yang harus kita persiapkan dalam ramadhan ini yaitu keistiqamahan. Dalam Al-Qur’an QS. Fusshilat ayat 30, yang artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Tuhan kami ialah Allah’ kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (istiqomah), maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.”

Dengan demikian keistiqomahan adalah hal yang sangat penting dalam beribadah. Dengan beristiqamah (meneguhkan hati) maka amalan kita akan selalu terjaga sehingga surga Allahpun pasti akan kita peroleh kelak. Amin. Maka dari itu marilah kita syukuri kesempatan emas ini, kemudian berlomba-lomba dalam kebaikan serta selalu beristiqamah dalam beribadah hanya mengharap Ridha-Nya dalam menyambut Bulan Ramadah nan penuh berkah ini.
                                                                                                                        Dari berbagai sumber

Related post



  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 comments:

Post a Comment