Monday, August 24, 2009

Ramadhan tlah tiba


Alhamdulillah sekali lagi kita semua menempuh bulan romadhon yang penuh berkah. Satu bulan dari dua belas bulan yang paling dinanti oleh kita semua muslim wal muslimah. Karena bulan ini penuh rohmat dari ALLAH SWT, kita harus pintar – pintar dalam me-manage kegiatan kita dan amal – amal dalam menjalani bulan romadhon.

Ini ada beberapa tips dari kita yang semoga bermanfaat buat semuanya :
1. Berdoalah agar kita semua diberi kesehatan dalam menempuh bulan romadhon. Karena dengan nikmat sehat kita dapat beribadah dan beramal secara maksimal. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan. (HR. Ahmad dan Tabrani)
Para salafush-shalih selalu memohon kepada Allah agar diberikan karunia bulan Ramadan; dan berdoa agar Allah menerima amal mereka. Bila telah masuk awal Ramadhan, mereka berdoa kepada Allah, ”Allahu akbar, allahuma ahillahu alaina bil amni wal iman was salamah wal islam wat taufik lima tuhibbuhu wa tardha.” Artinya, ya Allah, karuniakan kepada kami pada bulan ini keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman; dan berikan kepada kami taufik agar mampu melakukan amalan yang engkau cintai dan ridhai.
2. Siapkanlah ruh/keimanan, fisik, harta dan intelektual/keilmuan. Dengan semua itu yang dikombinasikan dengan baik akan tercipta suatu rutinitas atau aktifitas yang teratur dan bermanfaat.
3. Bersyukurlah dan puji ALLAH SWT atas karunia RAomadhon yang kembali diberikan kepada kita. Bergembiralah jika bulan romadhon datang. Rasulullah saw. selalu memberikan kabar gembira kepada para shahabat setiap kali datang bulan Ramadan, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).
4. Rancanglah agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadan. Ramadhan sangat singkat. Karena itu, isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang bisa membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah.
5. Bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadan dengan ketaatan. Barangsiapa jujur kepada Allah, maka Allah akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahnya melaksanakan aktifitas-aktifitas kebaikan. “Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” [Q.S. Muhamad (47): 21]
6. Siapkan diri untuk berdakwah di bulan Ramadhan
Inilah sedikit tips dari banyak tips yang ada yang insyaALLAH bisa membuat bulan romadhon kita semua lebih bermakna dan semuanya diterima oleh ALLHA SWT,,,,,amiiiinn



Source : http://www.dakwatuna.com/ dengan perubahan secukupnya.

Related post



  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 comments:

Post a Comment